Lembaga Indonesia Survei Bawa Semangat Independen Kawal Demokrasi

  • Share

Warnakata, Palembang – Hadirnya berbagai macam lembaga Survei Baru di Indonesia merupakan keniscayaan dari alam demokrasi di Indonesia. Kehadiran lembaga survei berjalan beriringan dengan kehidupan negara yang menjunjung tinggi nilai nilai demokrasi.

Terbaru, Indonesia Survei (ISU) menjadi lembaga yang hadir membawa semangat lembaga survei baru yang independen di tengah masyarakat. Tujuannya untuk menjadi jembatan bagi informasi tentang persepsi harapan dan evaluasi publik terhadap kondisi dan perkembangan sosial-politik sesuai dengan etika dan profesionalisme dalam marwahnya sebagai lembaga survei.

“Indonesia Survey (ISU) tidak hanya berbicara mengenai pemenangan kandidat, tapi posisinya juga dapat berbicara mengenai kebijakan publik, Di sinilah peran lembaga survei sebagai penghubung antara imajinasi masyarakat dan kebijakan pemerintah,” ungkap Direktur Eksekutif Indonesia Survei, Khairil Amri SH, Jumat (9/12/2022).

Menurut Khairil Amri, kehadiran ISU membawa dua hal penting mengenai lembaga survei yakni, keterwakilan (representativeness) dan keilmiahannya (scientificness). ISU diharapkan membawa unsur penting yang dalam merancang sebuah keputusan dan kebijakan.

Selain itu, ISU akan menjadi lembaga survei yang mewarnai sejak dini pendeteksian para bakal kandidat hingga melakukan hitung cepat (quick count) beberapa saat setelah pemilu dilangsungkan. Termasuk, pesta demokrasi untuk memilih calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Republik Indonesia 2024 mendatang.

“ISU adalah lembaga riset opini publik di Indonesia, yang baru berdiri sejak Desember 2022. Riset atau penelitian yang dilakukan terutama terkait dengan kontestasi politik seperti pemilihan umum nasional maupun daerah dan pembuatan kebijakan publik,” jelas dia.

Menurutnya ISU menggunakan dua bentuk riset yakni, digital dan manual. Kedua bentuk riset tersebut akan dikemas dan dilakukan secara langsung kemasyarakat bahkan hingga pelosok wilayah perairan.

Untuk mengawal validasi data tersebut, Indonesia Survei telah merekrut setidaknya 200 Voluteer yang akan disebar di sejumlah kabupaten/kota di Indonesia. Peranan volunteer ini nantinya akan melakukan survei secara langsung kepada masyarakat yang dikemas dalam tajuk Volunteer Event.

Dalam peluncuran tersebut, sejumlah rangkaian digital kreatif juga siap digelar. Perhelatan Talk Show terarah dengan tema “Pemimpin Pilihan Rakyat” akan menghadirkan narasumber yang kompeten dan moderator yang dapat memantik acara dengan baik bersama peserta dari berbagai kalangan masyarakat. Sejumlah nama-nama penting dijadwalkan hadir dalam kegiatan ini. Mulai dari Ketua KPU Provinsi Sumsel, Amrah Muslimin, SE., M.Si; Ketua Bawaslu Sumsel Yenli Elmanoferi, S.E., M.Si, Kepala BPS Provinsi Sumatera Selatan. Tempat, BPS Provinsi Sumsel,Dr. Ir. Zulkipli, M.Si serta sejumlah pejabat penting lainnya.

(Visited 7 times, 1 visits today)
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *