Hindari Hal Ini Agar Puasa Tidak Batal

Warnakata.com, Palembang – Bulan Ramadhan adalah bulan istimewa yang selalu dinantikan umat muslim diseluruh dunia, dibulan Ramadhan umat muslim diwajibkan untuk berpuasa.

Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, dengan syarat tertentu, untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim.

Agar puasa kita berjalan dengan baik dan mendapatkan pahala puasa, kita harus mengetahui hal apa saja yang dapat membatalkan puasa. Berikut hal-hal yang dapat membatalkan puasa :

1. Tidak memiliki niat untuk berpuasa meskipun tidak makan dan minum.

2. Masuknya sesuatu yang bukan makanan atau minuman ke dalam tubuh melalui mulut .

3. Orang yang makan dan minum karena lupa tetapi kemudian ia tidak berhenti makan dan minum saat ingat sedang berpuasa.

4. Haid dan nifas yang kerap dialami wanita merupakan suatu udzur atau penghalang, sehingga membatalkan puasa.

5. Muntah dengan sengaja, mi<span;>salnya sengaja memasukkan benda ke mulut pemicu mual lalu keluar muntah.

6. Masuknya cairan ke dalam tubuh melalui hidung seperti memasukkan obat tetes melalui hidung, mata atau telinga seperti meneteskan cairan/obat ke keduanya atau melalui dubur dan kemaluan wanita seperti suntikan.

7. Keluarnya air mani atau sperma dengan cara disengaja, namun bila tidak sengaja seperti mengalami mimpi basah puasa tersebut masih sah.

8. Melakukan hubungan seksual dengan pasangan secara sengaja pada saat sedang berpuasa hukumnya batal dan puasa orang tersebut dianggap tidak sah.

9. Termasuk membatalkan puasa adalah murtad atau keluar dari Islam.

(Visited 11 times, 1 visits today)

Response (1)

  1. A motivating discussion is worth comment. I believe that you should publish more on this topic, it might not be a taboo subject but usually people do not discuss these issues. To the next! Kind regards!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *