Site icon warnakata

Mudik Lebaran 2022, Semua Wilayah di Sumsel Rawan Macet

Lalu Lintas Saat di Kota Palembang (Dok. Warnakata)

Warnakata.com, Palembang — Dinas Perhubungan (Dishub) Sumatera Selatan memprediksi titik rawan macet akan cukup banyak terjadi di wilayah Bumi Sriwijaya itu karena dua tahun sebelumnya pemerintah melarang masyarakat untuk mudik akibat pandemi COVID-19.

Kepala Dishub Sumsel, Ari Narsa mengatakan ada beberapa daerah yang dipetakan masuk kategori rawan kemacetan, rawan kecelakaan dan longsor, rawan banjir, dan pasar tumpah, yang perlu diwaspadai pemudik.

“Kami sudah koordinasikan dengan semua instansi, kita siap melakukan pengamanan dan pengamanan pemudik,” ungkap Ari, Jumat (22

/4).

Ari Narsa menyebutkan saat mudik nanti hampir 50 persen pemudik akan menggunakan transportasi darat karena akses saat ini dipermudah dengan adanya jalan Tol.

“Kami memperkirakan kemacetan itu akan dimulai tanggal 29 sampai H-1 itu puncak kemacetan, “kata dia.

Selain itu, pihaknya juga mengantisipasi kondisi jalan mulai dari area Provinsi, Kabupaten/Kota dan Nasional yang masih tahap di perbaikan hal ini berdasarkan target Menteri PU PR melalui balai BBPJN H-10 jalan telah selesai. Sebab, proses pembangunan dapat menimbulkan kemacetan seiring semakin tingginya pergerakan kendaraan pemudik.

“Kami juga minta seperti di pintu tol Keramasan lagi ada pengecoran jalan, untuk dibuka jadi dua jalur, begitu juga di Nilakandi sampai Alang-Alang Lebar, diminta dibuka dua jalur paling tidak H-7 lebaran

Namun demikian, Ari menilai masyarakat perlu mengatur waktu perjalanan agar tidak terjadi kepadatan arus lalu lintas akibat melakukan perjalanan di waktu yang bersamaan. Apalagi pada puncak arus mudik yang diprakirakan jatuh mulai pada 29 April 2022.

“Perlu diantisipasi bersama bagi masyarakat misalnya tidak pergi serentak pada saat puncak arus mudik mungkin bisa diatur sebelum tanggal tersebut dan juga utamakan keselamatan tingkatkan kewaspadaan karena harapan kita mudik ini dengan baik, “kata dia.

Sementara itu perkiraan daerah rawan macet mayoritas tersebar di Jalan Lintas Timur Sumatera, seperti di Jaoan Indralaya-Palembang, KM12 Palembang-Betung, dan Sekayu. Ada juga dj jalur Lintas Tengah Sumatera yang berada di Prabumulih, Muara Enim, dan Martapura Ogan Komering Ulu Timur.

Begitu masuk ke wilayah Palembang, pemudik harus menambah tenaga ekstra karena banyak titik yang terjadi kemacetan. Mulai dari pintu keluar tol Keramasan hingga Jalan Alang-Alang Lebar, dan KM 12.

Kemacetan lebih sering terjadi lagi jika pemudik melewati jalur dalam kota. Penumpukan kendaraan bisa saja terjadi mulai dari Kertapai hingga KM 12.

Pasar tumpah juga dapat menimbulkan kemacetan. Pasar tumpah ini berada di beberapa lokasi, yakni Pasar Indralaya (Ogan Ilir), Pasar Tugu Mulyo (Ogan Komering Ilir), Pasar Sungai Lilin/Banyung Licir (Musi Banyuasin), Pasar Padang Tepong, Pasar Pendopo, Pasar Tebing Tinggi (Empat Lawang), dan Pasar Jarai (Lahat).

Exit mobile version