BMKG Sumsel : Waspada Hujan Disertai Petir Diperkirakan Guyur Palembang

  • Share
Suasana Saat Hujan di Palembang (Dok. Warnakata)

Warnakata.com, Palembang — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Selatan telah memprakirakan kondisi cuaca untuk kota Palembang pada Jumat 22 April 2022.

Kondisi cuaca hari ini di Palembang diprakirakan pada pagi di pukul 07.00 WIB akan kabut dan pukul 10.00 WIB cerah berawan.

Sementara untuk siang pukul 13.00 WIB akan mengalami hujan ringan dan pukul 16.00 WIB diramalkan hujan petir. Hujan pun akan berlanjut hinggap pada malam hari pukul 19.00 WIB hujan ringan dan  pukul 22.00 WIB kembali cerah berawan.

Masyarakat Sumsel juga diimbau untuk waspada terhadap potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat siang hingga sore.

Pada siang hingga sore hari hujan lebat akan mengguyur wilayah, Banyuasin, Empat Lawang, Lahat, Musi Banyuasin, Muara Enim, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Selatan, Ogan Komering Timur, Lubuk Linggau, Pali, Pagar Alam,

Kemudian, pada malam hingga dini hari hujan lebat di wilayah, Banyuasin, Lahat Prabumulih, Empat Lawang, Musi Rawas, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Komering Selatan, Pali, Lubuk Linggau,  Pagar Alam, Prabumulih

Hujan lebat yang terjadi di sebagian besar wilayah Sumsel ini akan memberikan dampak terhadap kondisi alam dan infrastruktur penunjang aktivitas manusia.

Adapun dampak yang diprediksi akan terjadi yaitu:

– Jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi.

– Terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah.

– Volume aliran sungai meningkat/banjir.

– Aliran banjir berbahaya dan mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala menengah.

Selama musim penghujan ini, masyarakat harus melakukan beberapa hal untuk meminimalisasi dampak hujan tersebut yang antara lain:

– Berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah.
– Memperbarui informasi melalui media massa maupun media sosial.
– Mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan.
– Tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak.
– Berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan.

(Visited 1 times, 1 visits today)
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *