BMKG Sumsel : Siang Hingga Malam Hari di Prakiraan Cuaca Palembang Akan Diguyur Hujan

Hujan Lebat Guyur Kota Palembang Pada Malam Hari (Dok. Warnakata.com)

Warnakata.com, Palembang — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Selatan telah memprakirakan kondisi cuaca untuk kota Palembang pada Kamis 14 April 2022.

Kondisi cuaca hari ini di Palembang diprakirakan pada pagi di pukul 07.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB diperkirakan akan mengalami cerah berawan.

Sedangkan siang pukul 13.00 WIB kota Pempek akan diguyur hujan ringan dilanjutkan pada malam hari mulai 19.00 WIB dan 21.00 WIB hujan tetap mengguyur dengan potensi ringan dan sedang.

Masyarakat Sumsel juga diimbau untuk waspada terhadap potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat siang hingga sore.

Pada siang hingga sore hari hujan lebat akan mengguyur wilayah, Banyuasin, Muara Enim, Empat Lawang, Lahat, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Selatan, Ogan Komering Timur, Lubuk Linggau, Pali, Pagar Alam,

Kemudian, pada malam hingga dini hari hujan lebat di wilayah Prabumulih, Banyuasin, Muara Enim, Empat Lawang, Lahat, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Selatan, Ogan Komering Timur, Lubuk Linggau, Pali, Pagar Alam,

Hujan lebat yang terjadi di sebagian besar wilayah Sumsel ini akan memberikan dampak terhadap kondisi alam dan infrastruktur penunjang aktivitas manusia.

Adapun dampak yang diprediksi akan terjadi yaitu:

– Jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi.

– Terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah.

– Volume aliran sungai meningkat/banjir.

– Aliran banjir berbahaya dan mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala menengah.

Selama musim penghujan ini, masyarakat harus melakukan beberapa hal untuk meminimalisasi dampak hujan tersebut yang antara lain:

– Berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah.

– Memperbarui informasi melalui media massa maupun media sosial.

– Mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan.

– Tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak.

– Berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan.

(Visited 3 times, 1 visits today)