Pemkot Palembang Fokus 6 Program Pada 2023

  • Share
Wali Kota Palembang Harnojoyo (Dok. Kominfo Palembang)

Warnakata.com, Palembang — Pemerintah Kota Palembang akan menggeber enam program yang menjadi prioritas tahun 2023. Program itu dinilai sejalan dengan Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo, mengatakan program itu meliputi pembangunan infrastruktur perkotaan yang terpadu dan merata yang berwawasan lingkungan. Peningkatan investasi, pembangunan ekonomi kerakyatan dan penanggulangan kemiskinan.

Selain itu, pemerataan kualitas pendidikan, peningkatan akses dan layanan kesehatan, pembangunan kota pariwisata, budaya dan olahraga yang harmonis. Termasuk pembangunan budaya integritas di masyarakat yang didukung oleh pemerintahan yang bersih, berwibawa dan profesional.

“Program kerja ini harus direalisasikan dengan serius dan dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat,” kata Harnojoyo, saat musyawarah rencana pembangunan atau musrenbang dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Palembang 2023, di Palembang, Senin (14/3).

Harno bilang, kegiatan prioritas yang akan dilaksanakan tahun 2023 itu termasuk pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi. Musrenbang ini juga diharapkan dapat menyepakati program yang direncanakan.

“RKPD Kota Palembang ini harus benar-benar disusun sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah yang berdasarkan rencana strategis perangkat daerah yang tentunya telah mengacu pada dokumen perubahan rencana pembangunan jangka menengah Kota Palembang 2018-2023,” katanya.

Pelaksanaan Musrenbang RKPD ini mempertemukan para pemangku kepentingan baik lingkup Pemerintah Kota Palembang maupun Provinsi Sumatera Selatan serta Pemerintah Pusat.

Musrenbang itu juga dihadiri Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda, Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang Zainal Abidin.

Penyusunan Musrenbang RKPD ini sendiri untuk penajaman, penyelarasan, dan klarifikasi terhadap rancangan RKPD untuk menentukan prioritas, target dan arah pembangunan Palembang tahun 2023 ke depan.

“Program ini akan menentukan arah pembangunan yang tepat dan benar-benar dibutuhkan masyarakat, dan pihaknya telah banyak menerima laporan dan masukan dari masyarakat terkait pembangunan yang diinginkan itu,” katanya.

(Visited 2 times, 1 visits today)
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *