BMKG Sumsel: Palembang Hujan Sedang dan Ringan Malam Ini

Warna Kata Palembang — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Selatan memprediksi kondisi cuaca untuk kota Palembang pada, Kamis (10/2/2022).

Sejak pagi hingga siang nanti cuaca di prediksi akan mengalami kondisi berawan. Namun pada pukul 13.00 WIB atau siang akan terjadi hujan dengan intensitas ringan dengan kecepatan angin sebesar 20 Km/jam. Adapun curah hujan yakni sebesar 65 persen.

Hujan kembali mengguyur Palembang pada pukul 16.00 WIB namun dengan intensitas sedang. Malam harinya, hujan ringan juga mengguyur yakni pada pukul 19.00 WIB dan 22.00 WIB.

Masyararakat Sumsel juga diimbau untuk waspada terhadap potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang  sampai malam hari.

Pada siang hingga sore hari hujan diramalkan terjadi di wilayah Empat Lawang, Lahat, Pagar Alam, OKU Selatan, OKU, OKU Timur, Muara Enim, Lubuk Linggau, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Prabumulih, Ogan Ilir, Palembang, OKI, Banyuasin, Musi Banyuasin dan PALI.

Sementara itu, pada malam sampai dini hari di wilayah Musi Rawas, Empat Lawang, Pagar Alam, Musi Banyuasin, Prabumulih dan Musi Rawas Utara

Hujan lebat yang terjadi di sebagian besar wilayah Sumsel ini akan memberikan dampak terhadap kondisi alam dan infrastruktur penunjang aktivitas manusia.

Adapun dampak yang diprediksi akan terjadi yaitu:

– Jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi.

– Terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah.

– Volume aliran sungai meningkat/banjir.

– Aliran banjir berbahaya dan mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala menengah.

Selama musim pengujan ini, masyarakat harus melakukan beberapa hal untuk meminimalisasi dampak hujan tersebut yang antara lain:

– Berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah.

– Memperbarui informasi melalui media massa maupun media sosial.

– Mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan.

– Tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak.

– Berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan.

(Visited 3 times, 1 visits today)

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *