Jackie Chan Berduka Chor Yuen Meninggal

  • Share
Foto Semasa Hidup Jackie Chan Bersama Chor Yuen (Dok. Instagram Jackie Chan)

Warna Kata, Jakarta — Aktor dari Hong Kong Jackie Chan mendapatkan kabar duka dari salah satu orang yang berjasa dalam kesuksesan dirinya dalam film Police Story (1985) yakni sutradara Chor Yuen yang dikabarkan meninggal dunia di usia 87 tahun pada Senin, 21 Febuari lalu.

Melalui juru bicaranya Chor Yuen dikabarkan meninggal dunia bahkan di saat terakhirnya memang sutradara itu sempat mengaku merasa tidak enak badan di pagi harinya. Sebelumnya pihak keluarga sempat mendampingi Chor Yuen.

Tak hanya itu pada 2018 rupanya Chor Yuen pernah dilaporkan menderita demensia sejak delapan tahun lalu hal ini berdasarkan laporan yang diterima South China Morning. Dia meninggalkan seorang istri, Nam Hung yang juga merupakan seorang aktris ternama.

Chor Yuen sendiri merupakan salah satu sutradara ternama di Hong Kong. Nama Chor Yuen masuk bersama tiga sutradara lainnya diantaranya Li Han Hsiang, King Hu, dan Chang Che yang dikenal sebagai “Emp” Ini merupakan julukannya karena telah menggarap lebih dari 120 judul film sepanjang karirnya.

Terlahir dengan nama Cheung Po Kin di Guangzhou, China, Chor Yuen awal karirnya Chor Yuen hanyalah seorang penulis skenario pada tahun 1950 an namun karena dia memiliki minat yang tinggi dalam bidang seni serta atas perintah ayahnya Cheung Wood Yau memberanikan diri untuk terjun menjadi seorang sutradara.

Chor Yuen membuat debut aktingnya di film Madam Yun pada 1954. Penghargaan penyutradaraan pertamanya berhasil diraih pada 1959 lewat karyanya, Grass By The Lake.

Selama tiga dekade berikutnya, Chor Yuen menulis dan menyutradarai lusinan film, termasuk beberapa untuk Shaw Brothers Studio, seperti The House Of 72 Tenants. Pemeran film tersebut termasuk legenda komedi Hong Kong Lydia Sum.

Selain itu, film arahan Chor Yuen itu berhasil menduduki puncak box office Hong Kong atas film seni bela diri terakhir Bruce Lee, Enter The Dragon. Dia juga terkenal karena mengadaptasi 17 karya termasuk Clans Of Intrigue dan Sentimental Swordsman.

Karya novelis seni bela diri Taiwan Gu Long itu diangkat ke layar lebar pada 1970-an, dengan aktor Ti Lung sebagai pemeran utama. Chor Yuen yang berakting dan berperan sebagai bos kejahatan di Police Story (1985), beralih menyutradarai drama televisi pada 1990-an sebelum menghilang dari sorotan.

Penampilan publik terakhirnya adalah pada April 2018, ketika Chor Yuen menerima Penghargaan Prestasi Seumur Hidup di Penghargaan Film Hong Kong ke-37.

(Visited 8 times, 1 visits today)
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *